Minggu, 17 Februari 2013

MIO KU PEGANG AKU DI TENDANG


Setelah aku baca sana-sini soal bikin mio kencang dan bertenaga saatnya aku praktekin
sendiri mencoba membuktikannya apakah tips-tips yang aku baca itu benar adanya.
Kemarin aku tanya di beres,ternyata dia gak mau ganti dengan part yang bukan milik dari
yamaha,terpaksa aku cari bengkel yang lain,maunya aku ke bengkel Techno-Motorsports-Yogya ,tapi
setelah sampai disana ternyata antrian garapannya banyak terpaksa aku cari bengkel yang
mudah dulu aja,di sekitar jalan solo jogja.Bengkelnya lupa namanya.




Pas juga mio ku lagi kena penyakit jadi sekalian ganti part aja yang bikin kenceng.
Waktu akselerasi bawah atau tarikan awal terasa grenjel grenjel greg greg ,setelah di
periksa sama montirnya,dan di buka CVT nya ,rolernya pada peang,"oke om ganti aja".
Pengen ku roler yang 10 gram,tapi kok pas habis,huu..terpaksa pake yang 12 gram .
"Sekalian per CVT nya om yang 1500 rpm",katanya itu bikin nambah tarikan wus,untuk
mio yang belum di bore up,atau yang 1000rpm,kalau pakai yang 2000 tarikan nanti bisa
ngempos katanya,yang 2000 cocoknya untuk yang sudah di oprek-oprek,mesinnya.

Sambil ngudud rokok yang gabus filternya bintang beberapa batang akhirnya selesai dan
di coba montirnya,ngeeeeeng.
Selesai dan mbayar,hemmm.habis 130 ribu,cuma ganti per CVT sama roler aja kok sama biaya
service atau pasang,o iya harga sparepat itu tanyakan aja di toko yang ngerti
speed motor atau speed shop terkenal di kota anda,kalau enggak nanti merek-merek sparepatnya
yang racing tidak punya,padahal banyak merek untuk onderdil racing kan?.

Gatel rasanya pingin segera nyoba kayak apa to?..
Ngeeeeng..waw..agak aneh sedikit,waw....yes ini yang ku mau.
Tarikan awal sedikit,sedikit loh ya ,sedikit nendang dari pada sebelumnya,tapi masih kurang.
Akselerasi tengahya enak wus banget,antara 40-80 cepet roso,tapi 80-100 tarikan sudah mulai
beda tidak seperti yang antara 40-80 tadi,alias menurun.


Top speed bisa nyampai 110 kmpj,sambil nunduk ya,jadi tetap sebelum ganti onderdil yang
racing,topspeednya nyampai 110,mungkin karena roler memakai ukuran standar 12 gram,
jadi topspeed masih bisa 110kmpj.
Tarikan bawah masih kurang,jarak throtel gas masih jauh,ya harusnya pakai yang roler
beratnya ringan untuk tarikan bawah atau roler selang seling biar  imbang atas bawah.
Tapi sudah oke menurutku,dan terbukti benar.

Jadi dua ubahan itu menambah akselerasi lebih cepet,lebih bertenaga lebih roso tapi sedikit
loh ya tidak banyak pokoknya beda.
Dan ingat semua ada efek sampingnya.
Setelah beberapa hari greg-greg atau grenjel-grenjel tarikan awalnya kok masih ya?.
Bulan depan ke bengkel lagi deh.