Minggu, 23 Oktober 2011

FILM 4D 5D AROMASCOPE

Spy Kid : All the Time In the World akan memberikan sensasi yang berbeda dengan teknologi 3D sebelumnya,dan pihak studio menyebutnya 4D.
Seperti apakah perbedaanya teknologi 4D yang di tawarkan?
Perbedaannya hanya terletak dalam satu hal,yaitu selain indera pendengaran dan pengelihatan,indera penciuaman kamu juga akan di manjakan dengan dapat mencium berbagai aroma yang ada di dalam adegan,atau yang di sebut oleh pihak studio Aromascope.

Apabila penonton hanya akan mendapatkan kaca mata 3D,maka kali ini sebuah kartu juga akan di berikan.
Kartu itu harus di gosok dahulu sebelum mengeluarkan aroma sesuai dengan adegan,seperti aroma makanan,bau kurang sedap ,bahkan aroma tubuh Jessica Alba.
Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak lama,tepatnya sejak akhir tahun 1970 an dan telah di gunakan dalam berbagai jenis medium,termasuk dalam bentuk stiker dan compact disc.

Apabila Spy Kids menggunakan sebuah kartu yang di gosok terus di cium,teknologi yang berbeda  namun berfungsi sama telah di perkenalkan pada tahun 1960 melalui film arahan sutradara Jack Cardiff ; Scent of Mystery. 
Teknologi yang di kenal dengan sebutan Smell-O-Vision ini menyemprotkan 30 jenis bau sesuai adegan yang di picu dari musik latar Scent of Mystery.
Namun tanggapan negatif mebuat Smell-O-Vision tidak pernah di gunakan lagi hingga saat ini.
THE REAL 4D

Film 4D merupakan film yang menggabungkan antara film 3D dengan efek secara fisik bagi penon ton di sebuah bioskop,yang mana efek tersebut di sesuaikan dengan adegan yang ada.
Ada beberapa afek yang melibatkan penonton secara fisik yang biasanya di tanam dalam bioskop 4D,seperti efek angin,hujan,serta guncangan.
Sedangkan tambahan efek asap,bau,atau cahaaya,di anggapa sebagai film 5D.

Beberapa film yang pernah di tayangkan secara 4D anatara lain 

Journey to the Center of the Earth[2008],
Avatar[2009],serta 
Transformers: Dark of the Moon[2011].
Wah hebat ya bisa nyium aroma artis ...
Dan aroma-aroma yang lainnya he3....18+, RBO, PG 18...