Kamis, 19 Mei 2011

JEJARING SOSIAL KHUSUS HIBURAN


GetGlue,jejaring sosial  untuk berbagai hiburan memang bukan layanan yanag baru,namun cukup menarik di bahas  karena baru-baru ini menambahkan dengan beberapa fitur dan aplikasi yang baru untuk iphone dan Android.
Layanan ini awalnya hanya bernama Glue walau sudah memakai alamat http://getglue.com  Glue versi pertama hanya berupa layanan rekomendasi hiburan.
Pengguna bisa memasukkan lagu,artis film, buku dan lain-lain kesukaan mereka,memberi rating dan mengisi resensi, dan nanti Glue akan memberi rekomendasi hiburan lain yang relevan dengan selera kita.
Untuk menarik minat penggunanya dalam beraktivitas,Glue menggunakan sistem rewarding yang saat ini juga tidak asing lagi yaitu sticker,yang kurang lebih sama seperti Badge di foursqure.
Setiap kita me-like sebuah topik atau memberi rating atau menulis resensi,kita bisa dapat sticker tadi.
Pada juni tahun lalu aplikasi GetGlue untuk iphone di luncurkan,yang sekaligus memperkenalakan fitur chek-in

Setiap penggunanya  nonton film,mendengar musik,baca buku,main game,mereka bisa lapor dan berbagi ceritanya,dan tentunya bisa dapat sticker.
Fitur ini berdampak besar,hingga membuat GetGlue mendapatkan 5 juta chek-in  lebih perbulannya.
Momentum ini diteruskan dengan meluncurkan aplikasi untuk Android pada pertengahan bulan agustus tahun lalu.
Istilah yang di pakai memang agak membingungkan ,nonton TV atau baca buku kok chek-in,tapi mungkin istilah tersebut di adopsi karena sedang populer di ranah maya berkat jejaring sosial berbasis lokasi.
Plain cf0
Secara fungsionalitas dan fitur memang tidak baru.
Contohnya sudah ada Miso yang sangat mirip tapi hanya fokus di film,dan banyak aplikasi serupa di facebook,di antaranya Living Social.

Tapi jika face book yang terbayang adalah munculnya berbagai rekomendasi dari berbagai orang-orang yang terkadang tidak kita pedulikan,di GetGlue kita bisa memilih untuk hanya subscribe atau follow orang yang seleranya kita pahami.
GetGlue juga cukup agresive dalam mengaet partnership,seperti stasion TV HBO,studio film Universal,dan toko buku barnes & Nobels,dan memberikan sticker istimewa bila penggunanya check-in ke film atau serial yang di promosikan.

Tentunya ini berdampak positif bagi kedua belah pihak,para pemilik konten mendapat promosi gratis orang-orang yang check in  dan menyebarkan beritanya,dan GetGlue dapat meningkatkan aktivitas penggunanaya serta menarik minat para penggenar film atau acara tersebut untuk bergabung.