Rabu, 08 Juni 2011

APA ITU INTERNET TV ?

Perkembangan teknologi  telekomunikasi ,teknologi pertelevisian begitu luar biasa.
Dan semakin populernya teknologi IPTV dan internet TV ini,yang mengikuti teknologi ini pun semakin banyak
Untuk membedakan dengan layanan TV atau video on demand yang bersifat terbuka dan gratis,ada yang mengistilahkan Internet of  Television atau On internet Of Video.
Jika dulu bahkan sekarang televisi konvensional mengenal istilah waktu Pirme Time yang biasanya berdurasi sekitar jam 7 malam dimana seluruh anggota keluarga berkumpul makan malam bersama,kini berubah menjadi My Time.

Saat Prime Time biasanya di manfaatkan oleh produsen produk dan jasa untuk beriklan dengan membayar biaya lebih mahal di slot waktu ini.
Acara yang di tampilkan di waktu ini pun,di pilih yang diminati oleh banyak pemirsa.
Dengan teknologi acara-acara favorit tersebut bisa di tonton kapan saja dan di mana saja penonton menginginkannya.
Inilah yang di maksud My Time.
Dengan semakin terjangkaunya biaya akses internet cepat didukung dengan gadget-gadget.
Kini memungkinkan pengguna untuk menonton Tv dari laptop ataupun gadget dimana saja dan kapan saja.

Beda internet TV dan IPTV.

Teknologi yang memungkinkan hal ini adalah teknologi NetTv [Internet Tv] dan IPTV [Internet Protokol Tv]
Apa beda keduanya?
Perbedaannya dapat di lihat dari berbagai sudut pandang.
Net Tv bisa di fungsikan menonton video hingga klip musik dari konten -konten yang tersedia di internet,diakses dari ISP [Internet Service Provider] manapun,biasanya tanpa perlu berlangganan dan kualitas rendah karena konten ini di buat secara sederhana.
Menonton Net Tv bisa dari laptop,PC,atau HP kapan saja,di majukan ,di pouse, ataupun di simpan untuk di lihat kembali kemudian.
Contoh Net Tv adalah youtube,di You Tube kita bisa menonton sinetron Air bila butuh hiburan saat lagi jenuh di kantor ataupun lagi menunggu antrian,dapat melihat video komedi di You Tube dan situs -situs lainnya yang menyediakan tempat untuk menampung video-video lain buatan amatir.

Sementara IPTV bukanlah Tv yang di broadcast lewat internet.
IP menunjukkan bahwa cara pengiriman data atau informasi dilakukan lewat protokol berbasis IP.
Program atau acara yang di berikan dari layanan IPTV dapat berupa acara seperti layaknya TV konvensional ataupun video on demand,dimana penonton dapat memilih video yang akan di lihatnya.
IPTV dapat memberikan layanan yang interaktif dan dapat di personalisasi sehingga IP pada IPTV kadang di artikan "interactive and personalization" seperti yang di kemukakan open IPTV forum sebuah aliansi para vendor IPTV.
IPTV biasanya di gunakan untuk istilah layanann TV  atau video berbasis teknologi IP yang di berikan dan di kontrol oleh sebuah service provider perusahaan dengan menggunakan infrastruktur jaringan tersendiri [tidak menyatu dengan jaringan publik internet] sehingga layanan ini biasanya berbayar.
IPTV dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan suppliyer telekomunikasi.

Kepopuleran Net Tv

NetTv di luar negeri  kini sudah mulai menyediakan konten -konten buatan profesional,seperti I-player di BBC inggris ,namun untuk mengakses konten ini biasanya di kenakan biaya berlangganan ataupun di batasi hanya bisa di akses oleh pelanggan ISP tertentu saja.
Dikuatkan lagi jika Net Tv dengan IPTV yang merupakan teknologi terkini dengan konten yang berkualitas tinggi,biasanya hanya dapat diakses dengan cara berlangganan  pada salah satu ISP
IPTV memungkinkan menonton secara premium seperti HBO,Disney Channel ataupun konten free To Air [FTA] seperti RCTI,SCTV dan lain lain di  rumah dengan mengunakan internet protokol dengan kecepatan tinggi sehingga memberikan kualitas gambar yang lebih baik.

Selain acara Tv berbayar dan free tersebut,biasanya ada juga konten-konten berkualitas yang di produksi ataupun khusus di sediakan oleh ISP untuk edukasi,entertainmen dan lain-lain yang dapat di simpan pouse,ataupun forward.
IPTV saat ini sangat populer di luar negeri seperti Hong Kong,Singapura dan Eropa.
Hadirnya IPTV memungkinkan banyak hal yang tak terpikirkan  sebelumnya,misalnya tele educations yang memungkinkan belajar jarak jauh, tele shoping untuk berbelanja di rumah,bahkan juga tele medicine untuk bantuan pengobatan jarak jauh.
Di indoneseia IPTV di pelopori oleh Telkom sebagai pemimpin pasar internet di indonesia.
Kehadiran IPTV akan menghadirkan cara baru menonton televisi dan tentunya akan memberikan pilihan lebih bagi masyarakat dalam menentukan pilihan tontonan yan berkualitas dan bermanfaat.

Dan kehadiran IPTV ini  di tandai dengan keluarnya ijin penyelenggaraan layanan Televisi Protokol  Internet yang di tetapkan oleh menteri Kominfo Muhamad Nuh.Ijin No. 30/PER/M.KOMINFO/8/2009.
Tentang Penyelenggarakan Layanan Televisi Protokol Internet [Internet Protokol Television/IPTV] ini memberikan kepastian hukum bagi operator ataupun ISP yang berencana untuk memberikan layanan IPTV bagi pelanggan.
Seperti di ketahui , lauyanan IPTV memungkinkan siaran Televisi di kirimkan menggunakan internet Protokol [IP].
Dengan menggunakan IP ,IPTV nmemberikan banyak kelebihan yang tak dimiliki oleh kabel TV biasa.

Nah siapkan diri kamu untuk beralih ke IPTV yang akan menjadi hidup baru dalam kehidupanmu,bukan sekarang tapi sebentar lagi akan menjadi tren,waktu sangatlah cepat teknologi semakin tepat.
Selamat beralih ke IPTV.

Pasti udah ada yang punya sharing dong ,makasih.