Senin, 11 Juli 2011

RAWAT LISTRIK KAMU DI RUMAH

Hati-hati dengan instalasi listrik di rumah.
Apalagi kalau ada anak kecil di dalam rumah ,kalau enggak waspada bisa fatal akibatnya.

Tips berikut akan membantu kamu  untuk ikut peduli dan turut memelihara instalasi listrik:

1.Pastikan instalasi listrik di rumah/bangunan milkmu telah terpasang dengan tepat,benar dan aman serta menggunakan material listrik yang terjamin kualitasnya dan sesuai kapasitasnya.
2.Lakukan pemeriksaan rutin,minimal setahun sekali untuk memastikan apakah instalasi listrik masih layak untuk digunakan atau perlu di rehabilitasi.
3.Jika instalasi listrik telah terpasang  lebih dari lima tahun,sebaiknya perlu utnuk di rehabilitasi.
Hal ini untuk menjaga agar instalasi listrik tetap layak di pergunakan dan mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.
4.Pergunakan peralatan rumah tangga  elektronik yang di sesuaikan dengan daya tersambung dan kapasitas/kemampuan kabel listrik yang terpasang.
5.Jika  ingin memasang  merehabilitasi atau  memeriksa instalasi listrik sebaiknya menggunakan jasa instalasi yang resmi terdaftar sebagai anggota AKLI [Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia] ,informsi tentang instalasi listrik dapat  menghubungi kantr PLN terdekat.

Tips mencegah bahaya Listrik:

1.Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber lisrik.
2.Gunakan pemutus arus listrik [sekering] yang sesuai dengan daya yang tersambung,jangan di lebihkan atau di kurangi.
3.Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah  jangan di biarkan ada yang terkelupas atau di biarkan terbuka.
4.Jauhkan sumber-sumber listrik seperti stop kontak saklar dan kabel-kabel listrik dari jangkauan  anak-anak
5.Biasakan menggunakan material listrik,seperti kabel,saklar stop kontak steker [kontak tusuk] yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI [Standar National Indonesia] / LMK [Lembaga Masalah Kelistrikan] / SPLN [Standar PLN] 
6.Pangkaslah pepohonan yang ada di  halaman rumah jika sudah mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
7.Hindari pemasangan antena tv terlalu tinggi sehingga bisa mendekati dan menyentuh jaringan listrik.
8.Gunakan listrik yang memang haknya jangan mencoba mengontrol listrik,mengutak atik KWH Meter atau meggunakan listrik secara tidak sah 
9.Biasakan bersikap hati-hati waspada dan tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.
10.Janggan bosan-bosan untuk mengingatkan anak-anak kita agar tidak bermain layang layang di bawah atau dekat jaringan listrik.

Bisa di tambah disini adalah pemasangan ELCB [Earth Leakage Circuit Breaker] yang sekarang telah banyak di gantikan dengan GFI [Ground Fault Interrupter] atau RCD [ Residual Current Device]. Piranti ini fungsinya untuk memutuskan hubungan apabila ada kebocoran arus listrik atau apabila ada orang yang  tersengat listrik. 
Kebanyakan piranti ini di pasang di kamar mandi [stop kontak untuk hair dryer atau elektric shaver/pencukur kumis] atau service room [ tempat mesin cuci] yang pada umumnya memilki lantai basah. 
Selain itu apabila memilki rumah baru maka lebih baik meminta untuk di pasang instalasi listrik dengan sistem 3 kabel .
Karena ini akan memastikan bahwa peralatan listrik kamu akan memilki pembumian /grounding yang benar.

Pernahkah kamu terasa tersetrum ketika memegang lemari ES ini kemungkinan karena instalasi listrik di rumahmu tidak memakai sisem 3  kabel.

O berarti grounding itu perlu ya makanya kemarin kok aku nyentuh komputer,seperti tersengat sedikit, mungkin gak ada grounding itu tadi masalahnya ya.

E kemarin aku melihat mata Ratna juga  tersengat ,seperti ada aliran listrik yang mengalir kemata lalu turun ke hati,[mmm.. itu sengatan cinta namanya ].